Betapa Sulitnya Membuat Batik

Batik memang merupakan warisan budaya Indonesia yang kini semakin mendunia. Selain itu,batik juga mempunyai nilai seni yang tinggi. Batik juga mempunyai sejarah yang panjang yang sudah berlangsung secara turun temurun.
Banyak perempuan yang suka mengenakan batik di berbagai kesempatan.
Belum banyak orang Indonesia yang tahu keistimewaan batiknya,misalnya dengan tehnik pewarnaannya yang sangat berbeda dengan batik dari lua negeri.
Dulu batik kesannya kuno,konservatif dan sebagainya. Padahal setelah semakin berkembang,batik bisa dikenakan kemana saja sebagai pakaian yang kasual dan motifnya bisa dikreasikan dengan model lainnya.
Mengenai maraknya batik printing,hal itu adalah hal yang wajar karena masyarakat belum mengetahuinya. Kebanyakan masyarakat memang menganggap bahwa semua batik itu sama.
Untuk itu perlu banyak dikembangkan workshop dan pelatihan membatik agar masyarakat bisa menyadari betapa sulitnya membuat batik tulis yang harganya memang cukup mahal.
Dengan membeli batik tulis,lanjutnya berarti juga turut memberdayakan tenaga kerja,dan berarti bisa meningkatkan perekonomian masyarakat.
Dibalik beragamnya motif batik juga bisa mempelajari indentitas suatu daerah. Misalnya motif parang gurdo yang merupakan kendaraan dewa wisnu,masyarakat jawa kuno menganggap setiap rajanya adalah titisan dewa Wisnu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar