Motif Batik Pesisiran : Ganggeng


Motif batik pesisiran banyak dijumpai di daerah pesisir/pantai seperti madura, pekalongan, indramayu, dan sebagainya. Masing-masing daerah membawa ciri khas dalam motif batiknya. Lain halnya dengan Batik Keratonan yang hanya dijumpai di daerah- daerah tertentu yang memiliki Keraton seperti, Yogyakarta, Solo, Cirebon, dan sebagainya. Secara umum, motif batik memiliki 2 kategori, yaitu:
  1. Batik Keratonan, yang motifnya diadopsi dari ornamen-ornamen dan situs  yang berada di daerah keraton. Batik ini di dominasi oleh warna coklat/soga, hitam, dan krem.
  2. Batik Pesisiran, motif batik pesisiran menggunakan flora dan fauna baik dari darat maupun laut dan warnanya cenderung terang serta berwarna-warni.
Daerah pengrajin batik yang memiliki 2 kategori tersebut adalah Cirebon. Cirebon memiliki 4 Keraton (Kasepuhan, Kanoman, Keprabonan, dan Kecerbonan) dan juga Cirebon memiliki pelabuhan sehingga Cirebon memiliki Batik Pesisiran. Beberapa motif batik pesisiran adalah Ganggeng, Taman Arum, Taman Laut, Pohon Kehidupan, Piring Selampad, Kelapa Setundun, Mawar Sepasang, dan lain-lain. Setiap motif yang diciptakan memiliki makna/arti/ filosofi tersendiri. Sebagian besar filosofi tersebut akan kembali ditujukan  untuk manusia sebagai cermin kehidupan. Contohnya, motif ganggeng yang termasuk ke dalam jenis batik pesisiran. Ganggeng sendiri memiliki arti yaitu ganggang laut (alga), dalam batik ini mengandung filsafah yang mana tumbuhan ganggang yang lemah lembut di dalam air berperan untuk melindungi hewan-hewan kecil laut dari predator dan penunjang kehidupan sebagai bahan pangan manusia (ikan). Maknanya bahwa dalam kehidupan kita berlaku lemah lembut bukan berarti lemah akan tetapi kita juga bisa melindungi dan berguna bagi orang lain. Sehingga orang lain akan merasa nyaman dengan adanya saling membantu dan tolong menolong dalam kebaikan Karena “Sebaik-baiknya orang adalah orang yang bermanfaat bagi orang lain“. Sekarang kita telah mengetahui bahwa batik memiliki makna dalam setiap ceritanya. Seperti Motif batik pesisiran, batik ganggeng.

Kata Kunci Artikel:

batik pesisiran, motif batik pekalongan dan penjelasannya, motif batik pesisiran, motif batik madura dan penjelasannya, motif batik pekalongan, motif batik solo dan penjelasannya, vektor batik, motif ganggeng, motif batik flora, arti motif batik, motif batik pekalongan dan maknanya, filosofi motif batik pekalongan, makna motif batik madura, makna motif batik, corak batik, motif batik ganggeng, pengertian motif batik, batik ganggeng, makna motif batik pekalongan, motif batik indonesia, motif batik madura dan maknanya, motif batik manusia, motif dan makna batik pekalongan, Batik Kelapa Setundun, GAMBAR BATIK, batik madura beserta penjelasannya, macam motif batik dan maknanya, motif batik beserta maknanya, makna filosofis batik pekalongan, motif batik pekalongan dan keterangannya

1 komentar:

  1. artikel tentang Motif Batik Pesisiran ini menarik sekali
    makasih infonya

    BalasHapus